• Jl. Puri Indah Raya Blok S-2
  • 08164822503
  • frankymainza@yahoo.co.id

Artikel

Terapi Laser Pada Hemoroid

Terapi Laser Pada Hemoroid

Bila berbicara mengenai hemoroid atau dalam bahasa awam disebut wasir, halpertama yang terlintas di dalam benak adalah benjolan di daerah anus disertai rasa nyeri yang hebat. Oleh karena itu banyak penderita hemoroid yang ragu maupun takut untuk kontrol ke dokter bedah dikarenakan kecemasan akan rasa nyeri setelah tindakan pembedahan. Akan tetapi dengan perkembangan dunia kedokteran saat ini, rasa cemas itu dapat ditepis dengan terapi Laser Hemorroid oplasty  (LHP).

                Hemoroid adalah penyakit yang sepertinya telah mendunia atau banyak yang mengalaminya, Di Indonesia sendiri lebih familiar dengan istilah penyakit wasir.Hemoroid adalah pelebaran dan peradangan pembuluh darah vena (varises) yang terletak di sekitar anus atau pada rektum bagian bawah.Secara normal vena – vena pada anus dan rektum akan menyalurkan darah kembali ke jantung, karena pembuluh darah melebar maka darah akan terkumpul disana sehingga membentuk tonjolan atau benjolan abnormal yang terasa lunak yang tak lain merupakan pelebaran vena yang berisi darah. 

Tanda dan gejala hemoroid meliputi:

-          Buang air besar (BAB) berdarah yang berwarna merah terang

-          Gatal atau iritasi (pedih) di daerah anus

-          Nyeri atau ketidaknyamanan pada anus

-          Pembengkakan di sekitar anus

-          Benjolan terasa lunak di dekat anus, yang mungkin sensitif atau menyakitkan

 

Hemoroid terbagi menjadi 2 jenis yaitu :

> Hemoroid Internal

Hemoroid eksternal

 

 

Hemoroid internal terbagi menjadi 4 stadium :

img-1463573708.jpg



Hemoroid eksternal

img-1463573720.jpg

 

 

Mengapa bisa terjadi Hemoroid?

Obstruksiàtekanan Intra abdomen meningkatàaliranbalik vena tergangguàtekanan di vena meningkatàterjadi pelebaran vena  (hemoroid)

Faktor yang dapat menyebabkan terjadinya hemoroid :

  1. Keturunan / genetik

  2. Sembelit yang berulang

  3. Terlalu lama jongkok / duduk di toilet / WC – sambil baca, merokok, dsb

  4. Kehamilan / hormonal

  5. Lanjut usia

Secara anatomis terjadi penurunan penyangga dan pembuluh darah yang merupakan bantalan sehingga terjadi tonjolan.



Komplikasi

 

Walaupun sering kali ringan, namun hemoroid dapat menimbulkan komplikasi, diantaranya:

 

1Anemia.

Terjadi karena perdarahan yang terus menerus sehingga tubuh kekurangan darah merah, akibatnya akan menimbulkan kelelahan dan kelemahan.

 

2. Strangulasi Hemorrhoid.

Jika suplai darah keh emoroid internal terputus, karena terjepit, akan menyebabkan rasa sakit yang hebat dan menyebabkan kematian jaringan( gangren ).

 


Mencegah Hemoroid

  1. Banyak konsumsi makanan berserat (sayur, buah, sereal) dan minum lebih banyak air putih, sehingga dapat normal BAB

  2. Turunkan berat badan hingga berat badan ideal

  3. Hindari kebiasaaan mengejan

  4. Hilangkan kebiasaan berlama-lama padasaat BAB

 

 

L H P (Laser Hemorrhoido Plasty)


img-1463573985.jpg


Merupakan sebuah tindakan operasi hemoroid  minimal invasive  dengan menggunakan laser diode. 

Prinsip terapi ini adalah :

-          Reduksi jaringan hemoroid

-          Tidak menyentuh daerah anoderm

-          Rekonstruksi anatomi secara natural

 

img-1463574186.jpg

360 derajat energi laser                                                   



img-1463574243.jpg

laser fiber

 


Proses Laser Hemorrhoido Plasty


 img-1463574827.jpg

1.    Laser fiber akan dimasukkan kedalam hemoroid

img-1463574970.jpg

2.    Kemudian hemoroid akan dikempeskan dengan energi laser

 img-1463574989.jpg

3.    Setelah hemoroid mengecil sebanyak40 – 60 %, maka tindakan laser selesai dilakukan. Pengecilan sempurna akan terjadi secara spontan dalam waktu 4 – 8 minggu.

 


Keuntungan Laser Hemorrhoido Plasty


1.    Tidak dilakukan pemotongan pada jaringan hemoroid

2.    Nyeri minimal

3.    Dapat dilakukan One Day Care, kecuali pada kasus – kasus tertentu

4.    Dapat segera beraktifitas seperti sediakala

 





 

Komentar

Tony
Senin, 13 Juni 2016

Berapa perkiraan biaya utk tindakan LHP ini dok, terima kasih

Franky mainza
Rabu, 15 Juni 2016

Untuk masalah biaya dapat ditanyakan langsung ke RS Pondok Indah Puri indah, terima kasih

Fer
Selasa, 18 September 2018

Hi Dr. Franky, Sy ada mengalami wasir stadium 3 (internal) dan ada rencana mau melakukan operasi laser yg lebih minim nyeri sehingga bisa langsung beraktifitas. Beberapa pertanyaan saya: - apa perbedaan LHP dengan laser safute (BEIM)? Plus minus masing2 tindakan seperti apa? - sebelum operasi LHP ini apakah perlu ada puasa atau pantangan lain nya?

franky mainza
Senin, 24 September 2018

halo bu fer, pada LHP tidak ada pemotongan pada jaringan hemoroid sehingga nyeri pasca operasi dapat berkurang, setau saya tehnik laser yg lain memotong jaringan hemoroid. kemudian karena LHP tidak ada pemotongan pada jaringan hemoroid, maka tidak ada resiko terjadinya penyempitan lubang anus maupun tidak dapat mengkontrol BAB , untuk persiapan operasi sebaiknya minum pencahar 3 hari sebelum operasi dengan tujuan agar BAB tidak keras, puasa adalah keharusan sebelum operasi , dan pantangan yg paling umum adalah makanan yg pedas

Maya
Rabu, 01 Februari 2017

Kalau ibu hamil bisa menjalankan terapi ini dok?

Maya
Rabu, 01 Februari 2017

Apakah bisa dilakukan pada ibu hamil dok? Tindakannya pakai anestesi?

Franky mainza
Jum'at, 03 Februari 2017

Bisa ibu maya..anestesinya spinal.....akan tetapi bila memungkinkan sebaiknya memang setelah melahirkan....bila memang sudah sangat mengganggu bisa pada kehamilan..

Rudi salim
Rabu, 22 Mei 2019

Halo doc, mau tanya sy sdh mengalami wasir selama 15thn, sudah suntik 8x dan akhirnya 5 bulan yg lalu menjalani operasi di singapore. Setelah operasi bengkaknya kembali.Masalahnya sampai sekarang wasir external sy masi sedikit bengkak dan setiap kali duduk merasa sangat tidak nyaman krn berat badan sy menekan wasir. Pertanyaan sy apa dgn laser ini dpt mengempeskan dinding yg masi bengkak? Dan kalau sudah kempes apa akan ada kulit sisa yg tertinggal akibat penggumpalan darah yg sudah hilang?

Yuli
Kamis, 21 Februari 2019

Siang dok, Utk praktek, dok praktek dimana saja ya? terima kasih.

Gilbert
Sabtu, 16 Februari 2019

Dok saya mau bertanay, saya sudah +- 3 minggu operasi menggunakan metode LHP, tp sampe sekarang pada celana dalam saya masih ada cairan gitu apakah itu memang begitu pemulihannya ? apakah nanti tidak terjadi lg ? Terimakasih sebelumnya.

Adi
Senin, 28 Agustus 2017

Apakah bisa untuk wasir eksternal? Paska operasi apakah bisa menyebabkan penyempitan anus? Persentase wasir kambuh kembali bagaimana? Apakah dengan metode ini wasir copot sampai akar atau hanya menyusut? Terima ksih

Adi
Senin, 28 Agustus 2017

Dok bisa kah laser plastie ini untuk eksternal hemoroid? Peluang terjadi nya penyempitan anus paska tindakan? Persentase kekambuhan nya bagaimana? Apakah dengan metode ini wasir copot sampai akar? Atau hanya menyusut? Terima kasih dokter

Adi
Rabu, 30 Agustus 2017

Siang dok, apakah LHP bisa untuk wasir external? Persentase kekambuhan dg metode ini gimna? Dg LHP wasir nya copot atau hanya menyusut? Efek samping metode ini?

Franky mainza
Rabu, 30 Agustus 2017

halo pak adi...laser hemoroidoplasty bisa dilakukan pada kasus hemoroid interna maupun eksterna, komplikasi untuk terjadinya penyempitan pada anus umumnya tidak terjadi karena tidak dilakukan pemotongan pada daerah anus. Metode ini pada prinsipnya adalah menyusutkan pembuluh darah yang melebar pada hemoroid sehingga akan menyusut. Umumnya hemoroid yg tidak terlalu besar akan menyusut dengan sempurna. umumnya tidak ada efek samping yg berarti pada laser hemoroidoplasty.

franky mainza
Sabtu, 29 Desember 2018

halo bu Nana , sebenarnya berbagai ukuran wasir dapat dilakukan laser , wasir dalam maupun wasir luar, masalah membesar kembali atau dapat disebut kambuh lagi itu tidak ada yg dapat mencegahnya , umumnya selama merubah pola hidup seperti banyak konsumsi makanan yg berserat dan lain2x kekambuhan dapat dihindari

franky mainza
Sabtu, 29 Desember 2018

halo bu nessa... ada bu , ada dr.bedahnya yg mengerjakan disana , silahkan menghubungi RS pondok indah -pondok indah untuk informasi lebih lanjut

Nana
Kamis, 27 Desember 2018

Dok apakah tindakan ini hanya utk wasir yg tdk terlalu besar? Bgmn jika dilakukan utk wasir sudah mengempis namun blm dpt masuk kembali krn ckp panjang sblmnya? Apakah ada kemungkinan membesar lg setelah operasi? Thanks dok.

Nesa Aqila
Senin, 24 Desember 2018

Halo dok, mau nanya.. Untuk penanganan hemorood dengan laser ini, apakah juga ada di RS Pondok Indah - Pondok Indah ? Mohon infonya ya Dok.. terima kasih

Mila
Sabtu, 04 November 2017

Apakah pasca operasi menimbulkan nyeri yg hebat terutama setelah buang air besar?apakah timbul perdarahan jg pasca operasi?

Rifqi
Kamis, 28 Desember 2017

Tindakan LHP ini apakah bisa memakai BPJS Dok.....?

Adi
Minggu, 28 Januari 2018

Apakah setelah operasi laser pasien langsung dapat beraktivitas / bekerja kembali?

Franky mainza
Selasa, 30 Januari 2018

halo bu Mila, umumnya nyeri yang dirasakan masih dapat ditolerir dengan obat dan untuk darah yg keuar saat BAb , sete;lah laser umumnya akan ada darah yang keluar saat BAB dan darah yg keluarpun sedikit, keadaan ini terhjadi karena proses pengempesan pada hemoroid

Franky mainza
Selasa, 30 Januari 2018

mohon maaf pak Rifqi untuk saat ini tindakan LHP belum dicover oleh BPJS

Franky mainza
Selasa, 30 Januari 2018

hi pak Adi, setelah operasi laser, umumnya pasien dapat beraktivitas atau bekerja kembali, semoga informasinya membantu..

Natassya Monica
Minggu, 15 April 2018

Malam dr. Franky. Saya dpt rekomendasi dokter dr teman yang terapi LHP denga dokter.. Saat ini sy sdg hamil 37 minggu dan mengalami wasir yg luar buasa sakitnya. Sblm hamil saya sudah memiliki wasir. Sudah menggunaman uktraproct tp keluar lagi. Mohon info apa baiknya rencana terapi sudah melahirkan atau sebelum?

Franky Mainza
Rabu, 18 April 2018

Malam bu natassya.....saran saya adalah tindakan LHP sebaiknya dilakukan setelah bayinya lahir mengingat masa kehamilan sudah mencapai 37 minggu..karena setelah bayi lahir otomatis tekanan didalam perut ibu akan berkurang sehingga proses penyembuhan menjadi lebih cepat...

franky mainza
Sabtu, 15 Juni 2019

halo pak gilbert, untuk masalah cairan yg keluar paca LHP memang prosedur penyembuhan seperti itu...umumnya cairan akan mulai keluar 2 hari pasca LHP sampai 3 - 6 minggu dan akan berhenti dengan sendirinya

franky mainza
Sabtu, 15 Juni 2019

siang bu yuli, sampai saat ini saya hanya praktek di RSPI puri indah

franky mainza
Sabtu, 15 Juni 2019

halo pak rudi salim, untuk masalah benjolan hemoroid eksterna pada prinsipnya bisa dikempeskan dengan laser dan apabila hemoroid eksterna cukup besar maka akan meninggalkan kulit berlebih karena hanya dikepeskan hemoroidnya saja , kecuali apabila bapak juga menghendaki untuk dipotong kulit berlebihnya dengan laser juga bisa , tetapi karena ada pemotongan..otomatis rasa nyerinya juga akan ada pasca pemotongan. kemudian apabila hemoroid eksterna tidak terlalu besar umumnya bisa kempes total tanpa ada sisa kulit berlebih. pengalaman saya mengatakan bahwa tiap orang beda2x dalam proses penyembuhannya

Irni Yusnita
Minggu, 20 Oktober 2019

Dok mau tanya, suami saya menderita hemoroid stage 4 dan sbntar lagi akan menjalani kemoterapi yg pertama. Mana yg seharusnya didahulukan dok, kemo dulu atau operasi laser?

franky mainza
Rabu, 30 Oktober 2019

halo bu irni, bila hemoroid nya tidak berdarah maupun nyeri , sebaiknya kemoterapi dahulu, semoga informasinya membantu

Emir
Sabtu, 07 Desember 2019

Dok mau tanya.... ini bisa untuk anak kecil gak ya? Unur 4 tahun

Adel
Jum'at, 03 Januari 2020

Halo dok saya merasa punya hemoroid, gejala awal rasa tidak nyaman setelah BAB, tapi tidak sakit, lalu keluar darah seperti menstruasi dari anus, tapi tidak sakit. Lalu november kemarin sudah tidak keluar darah seperti menstruasi, tapi anus semakin bengkak saat banyak beraktivitas dan setelah bab, dan terkadang BAB mengeluarkan darah, dan sampai sekarang selalu begitu, setelah baba selalu terasa sakit, apakah kemungkinan ini sudah parah? Dan apakah ada saran lain selain menjalani operasi apapun

franky mainza
Minggu, 12 Januari 2020

halo pak emir, bisa saja pak, tapi lebih baik saya periksa dahulu dan mengetahui penyebab terjadinya hemoroid pada balita...

franky mainza
Minggu, 12 Januari 2020

halo bu adel, bila sudah berdarah dan bengkak disertai nyeri, lebih baik diperiksakan dahulu ke dokter untuk mengetahui stadiumnya..sehingga langkah selanjutnya bisa ditentukan, apakah cukup dengan obat2xan atau sebaiknya dilakukan tindakan medis.

Deadboy
Jum'at, 19 Juni 2020

Laser Hallo dok,, Maaf tadi saya sempat baca komentar dokter yg mengatakan bahwa,, " hemoroid eksterna pada prinsipnya bisa dikempeskan dengan laser dan apabila hemoroid eksterna cukup besar maka akan meninggalkan kulit berlebih karena hanya dikepeskan hemoroidnya saja , kecuali apabila bapak juga menghendaki untuk dipotong kulit berlebihnya dengan laser juga bisa " yg jadi pertanyaan nya,, Setelah di potong apakah bisa menimbulkan efek samping yang sama seperti operasi konvensional seperti penyempitan saluran, dll?

franky mainza
Sabtu, 20 Juni 2020

halo pak dedy, pada laser hemoroidoplasty , tindakan pemotongan juga bukan berarti dipotong semua hemoroidnya, tapi hanya bagian hemoroid yg berpotensi menjadikan skin tag yg besar sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dikemudian hari dan pada umumnya tidak menimbulkan efek samping seperit penyempitan anus maupun tidak bisa kontrol BAB.

Chotijah
Kamis, 13 Agustus 2020

Hallo dok. Dok saya mau tanya anak saya usia satu tahun, tp kalau bab ko keluar benjolan yah dok. Apa itu wasir... Terus bagaimana penanganan selanjutnya dok ? Kalau ke dokter tdk hard operasi kan dok ?

franky mainza
Selasa, 01 September 2020

sebaiknya diperiksakan ke dokter bu, untuk masalah tindakan atau tidaknya tergantung hasil pemeriksaannya

desi
Jum'at, 16 Oktober 2020

Halo dok, setelah membaca tanya jawab ini, saya lihat anastesinya adalah anastesi spinal, artinya yang di tulang punggung itu ya ? apakah memungkinkan anastesi lain dok ?

franky mainza
Kamis, 12 November 2020

Halo bu desi, anestesi bisa dengan spinal maupun general ( bius umum)

arleen
Minggu, 12 September 2021

Tolong tanya, Dok, anestesi spinal itu di punggung seperti epidural ya, Dok? Kalo general (umum) itu berarti yang tidur seperti wkt colonoscopy kah? Boleh pilih di antara ke dua nya ya, Dok? Terima kasih

franky mainza
Selasa, 19 Oktober 2021

Halo bu arleen..benar ibu..., utk jenis anestesi bisa dilakukan dengan spinal maupun anestesi umum

Tambahkan Komentar




Testimonial

Facebook

Twitter